LAPORAN
PRODUK-PRODUK
BANK
BRI
Disusun oleh :
Kelompok 1
Nama anggota
1) Ailin
Muvidah
2) Intan
Olivia Fil Jannah
3) Fattah
Alaudin
4) Tomy
Adi Saputra
SMAN
2 SIDOARJO
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta memberikan kekuatan dan kemampuan kepada penyusun sehingga dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul Laporan Produk- Produk Bank BRI . Tugas makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran yang di ajar oleh Ibu Eli. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Eli selaku guru ekonomi SMAN 2 Sidoarjo yang telah membimbing penyusun dalam penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini tidak menutup kemungkinan masih banyak terdapat kekurangan yang disebabkan keterbatasan ilmu pengetahuan penyusun, dimana penyusun telah berusaha semaksimal mungkin dengan bekal pengetahuan yang penyusun miliki untuk mencapai hasil yang terbaik. Maka demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini, kami terbuka untuk menerima kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca. Semoga karya kecil ini dapat menjadi bekal ilmu pengetahuan bagi pembaca dan menjadikan rahmat yang tak putus bagi penyusun. Amin.
Sidoarjo, 18 Februari 2014
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang Masalah
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Di era globalisasi membuat dunia menjadi begitu terbuka, termasuk dalam dunia bisnis dan perbankan. Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran bank sebagai sarana penyimpanan maupun membantu dalam usaha masyarakat baik usaha kecil maupun menengah ke atas. Maraknya bank-bank yang hadir di Indonesia dengan berbagai layanan maupun undian yang dilakukan untuk menarik perhatian khalayak merupakan hal yang cukup variatif dalam dunia perbankan. Bagaimana cara untuk menarik nasabah yang baru agar menjadi nasabah tetap maupun mempertahankan setiap nasabah menjadi tantangan khusus bagi setiap bank. Yang dilakukan bank-bank sebagai contoh bank BRI adalah dengan membuat produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen dengan memperhatikan segmentasi. Syarat-syarat untuk menggunakan produk bank tersebut juga dipermudah, dengan tujuan semakin banyak peminatnya.
1.2.Rumusan masalah
1.
Apa saja produk-produk dari bank BRI?
2.
Produk apa yang paling diminati oleh
masyarakat?
3.
Bagaimana syarat-syarat untuk menggunakan
produk dari bank BRI?
4.
Apa
yang dilakukan Bank BRI sebelum adanya prosuk baru?
1.3. Tujuan Penulisan
1.
Mengetahui produk-produk dari bank BRI
2.
Mengetahui produk unggulan dari bank BRI
3.
Mengetahui syarat-syarat untuk menggunakan
produk unggulan BRI
4.
Mengetahui
langkah- langkah yang dilakukan Bank BRI ketika adanya produk baru
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Produk-produk
bank BRI
. Masyarakat sangat
membutuhkan kehadiran bank sebagai sarana penyimpanan maupun membantu dalam
usaha masyarakat baik usaha kecil maupun menengah ke atas. Maraknya bank-bank
yang hadir di Indonesia dengan berbagai layanan maupun undian yang dilakukan
untuk menarik perhatian khalayak merupakan hal yang cukup variatif dalam dunia
perbankan. Dengan produk-produk yang variatif diharapkan masyarakat menjadi
lebih tertarik. Seperti juga produk-produk yang dihasilkan oleh bank BRI pun
sangat variatif. Berikut adalah produk-produk dari bank BRI,
1. Simpanan
a. Tabungan
ó Tabungan BritAma
ó Simpedes
ó Simpedes TKI
ó Tabungan Haji
ó Tabungan BritAma Dollar
ó BritAma Bisnis
ó BritAma Valas
ó BritAma Junio
ó Tabunganku
b. Deposito
ó Deposito Rupiah
ó Deposito Valas
ó Deposit On Call
c. Giro BRI
ó Giro BRI Rupiah
ó Giro BRI Valas
2. Pinjaman
a. Pinjaman Mikro
ó Kupedes
b. Pinjaman Ritel
ó Kredit Agunan Kas
ó Kredit Investasi
ó Kredit Modal Kerja, dll
c. Pinjaman Menengah
ó Agribisnis
d. Pinjaman Program
ó KPEN RP
ó KKPE
e. Kredit Usaha Rakyat ( KUR)
ó KUR BRI
ó KUR TKI BRI
3. Internasional
a. BRI trade finance and service
b. BRI fast remittence
c. Financial Institution
d. BRI Money Changer
e. Unit Kerja Luar Negeri
4. Jasa Bank
a. Jasa bisnis
ó jasa bank garansi
ó jasa bank kliring
b. Jasa keuangan
ó Bill
Payment
ó Jasa
Penerimaan Setoran
ó Transaksi
Online
ó Transfer
dan LLG
c. Jasa kelembagaan
ó SPP
Online
ó Cash
Management BRI
d.
E- Banking
ó ATM BRI
ó SMS Banking BRI
ó Phone Banking BRI
ó Internet Banking BRI
ó E - Buzz
ó KIOSK BRI
ó Mini ATM BRI
ó BRIZZI
ó MoCash
ó EDC Merchant
e.
Treassury
ó Foreign Exchange
ó Money Market
ó Fixed Income
ó Produk Derivatif
ó Keunggulan dan Prosedur
5. Produk konsumer
a. Kartu Kredit
b. Kredit Kepemilikan Rumah
c. Kredit Kendaraan Bermotor
d. Kredit Multi Guna
e. Outlet SKK
6. Investasi Perbankan
a. DPLK
b. Ori dan SR
c. Jasa Wali Amanat
d.
Jasa
kustodian
2.2. Produk
yang banyak diminati nasabah dan syarat penggunaannya
1. BritAma Junio
Merupakan
produk Tabungan BRI yang ditujukan khusus kepada
segmen
anak dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak.
Keunggulan:
1.
Transaksi real time online
2.
Kemudahan bertransaksi di lebih dari 9.500
Unit Kerja BRI dan 15.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
3.
Gratis cover asuransi
kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000
4.
Bunga tabungan kompetitif
5.
Buku tabungan dan kartu ATM/Debit berkarakter
khusus.
Fasilitas :
1. Gratis kartu dengan gambar karakter
2. Gratis biaya administrasi
3. Fasilitas asuransi dengan saldo minimum
500.000
4. Fasilitas E- banking BRI
5. Program promo menarik lainnya
Persyaratan:
o
Usia Nasabah < 17 Tahun
1.
Orang tua memiliki rekeningTabungan BRI
BritAma/Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening di BRI dapat
melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes terlebih dahulu.
2.
Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
3.
Kartu Keluarga/Akte Kelahiran
4.
Setoran awal sebesar Rp 250.000,-
o
Usia Nasabah > 17 Tahun
1.
Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
2.
Identitas Diri
WNI
: Kartu
Tanda Penduduk (KTP)*
WNA
: Paspor
dan KIMS/KITAP/KITAS
*
Pembukaan rekening dapat dilakukan di Kantor BRI yang
terdapat di wilayah domisili KTP. Pembukaan rekening di luar wilayah
domisili KTP harus disertai dengan Surat Keterangan Domisili
3.
Setoran awal sebesar Rp 300.000,-
2. BritAma
Produk tabungan beragam kemudahan dengan didukung
fasilitas e-banking dan sistem real
time online yang akan memungkinkan nasabah untuk
bertransaksi kapanpun dan dimanapun.
Keunggulan:
1.
Transaksi real time online
2.
Kemudahan bertransaksi di lebih dari 9.500 Unit
Kerja BRI dan 15.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
3.
Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan
BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam
maupun di luar negeri
4.
Gratis cover asuransi
kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000
5.
Bunga tabungan kompetitif
Fasilitas:
1.
E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS
Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.)
2.
Asuransi kecelakaan diri
Setiap
nasabah dengan saldo minimum Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi
kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar
250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-.
3.
Diikutsertakan pada program undian Untung
Beliung BritAma
4.
Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
a.
Automatic Fund Transfer (AFT)
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya
di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
b.
Account Sweep
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya
secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan
batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah
c.
Automatic Grab Fund (AGF)
Fasilitas
untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu
rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman Bank.
5. Biaya Administrasi Rp 12.000,-
Persyaratan:
1.
Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
2.
Identitas diri:
WNI
: Kartu
Tanda Penduduk (KTP)*
WNA
: Paspor
dan KIMS/KITAP/KITAS
*
Pembukaan rekening dapat dilakukan di Kantor BRI yang
terdapat di wilayah domisili KTP. Pembukaan rekening di luar wilayah
domisili KTP harus disertai dengan Surat Keterangan Domisili
3.
Setoran awal sebesar Rp 250.000,-
3. Simpedes
Simpanan masyarakat dalam bentuk
tabungan dengan mata uang rupiah, yang dapat dilayani di Kantor Cabang Khusus
BRI / Kanca BRI / KCP BRI / BRI Unit / Teras BRI, yang jumlah penyetoran dan
pengambilannya tidak diabatasi baik frekuensi maupun jumlahnya, sepanjang
memenuhi ketentuan yang berlaku.
Keunggulan
·
Jaringan
yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line
·
Peluang
besar untuk memenangkan hadiah, total Milyaran Rupiah
·
Dilengkapi
dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit
dengan fitur transaksi yang lengkap.
·
Pembukaan
Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktis, di seluruh unit kerja
BRI.
Persyaratan
·
Mengisi
formulir aplikasi pembukaan rekening
·
Setoran
awal sebesar Rp 100.000,-
·
Perorangan
1.
Melengkapi
identitas diri
2.
WNI :
KTP / SIM / Paspor
3.
WNA :
KITAS atau KITAP
·
Non
Perorangan
1.
Melengkapi
identitas perusahaan
2.
Anggaran
Dasar
3.
SIUP,
SITU, dsb
4. TabunganKu
TabunganKu adalah
tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang
diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya
menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Keunggulan:
·
Gratis
biaya administrasi bulanan
·
Setoran
awal minimum Rp. 20.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp. 10.000,-
·
Bunga
dihitung secara harian
·
Gratis
biaya penggantian buku apabila rusak/hilang
·
Pembukaan
rekening TabunganKu yang mudah dan praktis di seluruh unit kerja BRI
Persyaratan:
·
Hanya
untuk Warga Negara Indonesia dan perorangan
·
Mengisi
formulir aplikasi pembukaan rekening
·
Melengkapi
identitas diri: KTP/SIM/Passpor
2.3. Langkah yang dilakukan Bank BRI sebelum
menerbitkan produk baru
Direksi dan Dewan Komisaris mengadakan rapat akan
adanya produk baru yang akan diterbitkan. Dalam menerbitkan prosuk baru mereka
mencari peluang ( segmentasi) dimana produk tersebut akan laku terjual.
Setealah itu produk tersebut akan disosialisasikan ke beberapa media, baik
media elektronik maupun media cetak. Sehingga, produk baru yang dikeluarkan BRI
selama ini tidak ada yang tidak laku di pasaran.
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
PT Bank Rakyat Indonesia
berperan dalam penhimpunan dana seperti Tabungan, Giro Bri, pembiayaan, dan
memberikan Jasa-jasa keuangan dan jasa lainnya seperti Bank Garansi dan
sebagainya.
3.2. Saran
Penulis menyarankan bahwa
PT Bank Rakyat Indonesia perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi jika terjadi
krisis dunia karena PT Bank Rakyat Indonesia masih mengunakan system bunga pada
setiap produk-produknya. Seperti krisis pada tahun 1998 yang tetap exis hanya
bank syariah yaitu Bank Muamalat Indonesia.
·
http://www.bri.co.id , diakses pada 17 Februari 2014
·
hasil
wawancara dari pegawai E-Bus BRI ( Bu
Dewi) pada tanggal 17 Februari 2014 pukul 01.30- 02.30
·
Brosur
yang didapatkan dari Bank BRI cabang Sidoarjo pada tanggal 17 Februari 2014
pukul 02.45- 03.00
·
http://campuzherman.blogspot.com/2013/05/v-behaviorurldefaultvmlo.html,
diakses pada 18 Februari 2014
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan komentar . . . komentar yang baik adalah cermin kepribadian diri..