Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Minggu, 28 Juni 2015

laporan ekonomi, bank di indonesia ( BRI)

LAPORAN PRODUK-PRODUK
BANK BRI











Disusun oleh :
Kelompok 1
Nama anggota
1)      Ailin Muvidah
2)      Intan Olivia Fil Jannah
3)      Fattah Alaudin
4)      Tomy Adi Saputra

SMAN 2 SIDOARJO

TAHUN PELAJARAN 2013/2014





    KATA PENGANTAR


Dengan mengucap puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta memberikan kekuatan dan kemampuan kepada penyusun sehingga dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul Laporan Produk- Produk Bank BRI . Tugas makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran yang di ajar oleh Ibu Eli. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Eli selaku guru ekonomi SMAN 2 Sidoarjo yang telah membimbing penyusun dalam penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini tidak menutup kemungkinan masih banyak terdapat kekurangan yang disebabkan keterbatasan ilmu pengetahuan penyusun, dimana penyusun telah berusaha semaksimal mungkin dengan bekal pengetahuan yang penyusun miliki untuk mencapai hasil yang terbaik. Maka demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini, kami terbuka untuk menerima kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca. Semoga karya kecil ini dapat menjadi bekal ilmu pengetahuan bagi pembaca dan menjadikan rahmat yang tak putus bagi penyusun. Amin. 




                                                                                                                  Sidoarjo, 18 Februari 2014


                                                                                                                              Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah 

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Di era globalisasi membuat dunia menjadi begitu terbuka, termasuk dalam dunia bisnis dan perbankan. Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran bank sebagai sarana penyimpanan maupun membantu dalam usaha masyarakat baik usaha kecil maupun menengah ke atas. Maraknya bank-bank yang hadir di Indonesia dengan berbagai layanan maupun undian yang dilakukan untuk menarik perhatian khalayak merupakan hal yang cukup variatif dalam dunia perbankan. Bagaimana cara untuk menarik nasabah yang baru agar menjadi nasabah tetap maupun mempertahankan setiap nasabah menjadi tantangan khusus bagi setiap bank. Yang dilakukan bank-bank sebagai contoh bank BRI adalah dengan membuat produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen dengan memperhatikan segmentasi. Syarat-syarat untuk menggunakan produk bank tersebut juga dipermudah, dengan tujuan semakin banyak peminatnya.

1.2.Rumusan masalah
1.      Apa saja produk-produk dari bank BRI?
2.      Produk apa yang paling diminati oleh masyarakat?
3.      Bagaimana syarat-syarat untuk menggunakan produk dari bank BRI?
4.      Apa yang dilakukan Bank BRI sebelum adanya prosuk baru?


1.3. Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui produk-produk dari bank BRI
2.      Mengetahui produk unggulan dari bank BRI
3.      Mengetahui syarat-syarat untuk menggunakan produk unggulan BRI
4.      Mengetahui langkah- langkah yang dilakukan Bank BRI ketika adanya produk baru

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Produk-produk bank BRI
.       Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran bank sebagai sarana penyimpanan maupun membantu dalam usaha masyarakat baik usaha kecil maupun menengah ke atas. Maraknya bank-bank yang hadir di Indonesia dengan berbagai layanan maupun undian yang dilakukan untuk menarik perhatian khalayak merupakan hal yang cukup variatif dalam dunia perbankan. Dengan produk-produk yang variatif diharapkan masyarakat menjadi lebih tertarik. Seperti juga produk-produk yang dihasilkan oleh bank BRI pun sangat variatif. Berikut adalah produk-produk dari bank BRI,
1.      Simpanan
a.       Tabungan
ó Tabungan BritAma
ó Simpedes

ó Simpedes TKI
ó Tabungan Haji
ó Tabungan BritAma Dollar
ó BritAma Bisnis
ó BritAma Valas
ó BritAma Junio
ó Tabunganku
b.      Deposito
ó Deposito Rupiah
ó Deposito Valas
ó Deposit On Call
c.       Giro BRI
ó Giro BRI Rupiah
ó Giro BRI Valas
2.      Pinjaman
a.       Pinjaman Mikro
ó Kupedes
b.      Pinjaman Ritel
ó Kredit Agunan Kas
ó Kredit Investasi
ó Kredit Modal Kerja, dll
c.       Pinjaman Menengah
ó Agribisnis
d.      Pinjaman Program
ó KPEN RP
ó KKPE Tebu
ó KKPE
e.       Kredit Usaha Rakyat ( KUR)
ó KUR BRI
ó KUR TKI BRI
3.      Internasional
a.       BRI trade finance and service
b.      BRI fast remittence
c.       Financial Institution
d.      BRI Money Changer
e.       Unit Kerja Luar Negeri
4.      Jasa Bank
a.       Jasa bisnis
ó jasa bank garansi
ó jasa bank kliring
b.      Jasa keuangan
ó Bill Payment
ó Jasa Penerimaan Setoran
ó Transaksi Online
ó Transfer dan LLG

c.       Jasa kelembagaan
ó SPP Online
ó Cash Management BRI
d.      E- Banking
ó ATM BRI
ó SMS Banking BRI
ó Phone Banking BRI
ó Internet Banking BRI
ó E - Buzz
ó KIOSK BRI
ó Mini ATM BRI
ó BRIZZI
ó MoCash
ó EDC Merchant
e.       Treassury
ó Foreign Exchange
ó Money Market
ó Fixed Income
ó Produk Derivatif
ó Keunggulan dan Prosedur
5.      Produk konsumer
a.       Kartu Kredit
b.      Kredit Kepemilikan Rumah
c.       Kredit Kendaraan Bermotor
d.      Kredit Multi Guna
e.       Outlet SKK
6.      Investasi Perbankan
a.       DPLK
b.      Ori dan SR
c.       Jasa Wali Amanat
d.      Jasa kustodian
     2.2.               Produk yang banyak diminati nasabah dan syarat penggunaannya
                        1.   BritAma Junio
                              Merupakan produk Tabungan BRI yang ditujukan khusus kepada
                              segmen anak dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak.
                              Keunggulan:
1.      Transaksi real time online
2.      Kemudahan bertransaksi di lebih dari 9.500 Unit Kerja BRI dan 15.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
3.      Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000
4.      Bunga tabungan kompetitif
5.      Buku tabungan dan kartu ATM/Debit berkarakter khusus.
Fasilitas :
1.      Gratis kartu dengan gambar karakter
2.      Gratis biaya administrasi
3.      Fasilitas asuransi dengan saldo minimum 500.000
4.      Fasilitas E- banking BRI
5.      Program promo menarik lainnya
Persyaratan:
o    Usia Nasabah < 17 Tahun
1.      Orang tua memiliki rekeningTabungan BRI BritAma/Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening di BRI dapat melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes terlebih dahulu.
2.      Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
3.      Kartu Keluarga/Akte Kelahiran
4.      Setoran awal sebesar Rp 250.000,-
o    Usia Nasabah > 17 Tahun
1.      Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
2.      Identitas Diri
WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP)*
WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
*     Pembukaan rekening dapat dilakukan di Kantor BRI yang terdapat di wilayah domisili KTP.  Pembukaan rekening di luar wilayah domisili KTP harus disertai dengan Surat Keterangan Domisili
3.      Setoran awal sebesar Rp 300.000,-
                        2.   BritAma
Produk tabungan beragam kemudahan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.
                              Keunggulan:
1.      Transaksi real time online
2.      Kemudahan bertransaksi di lebih dari 9.500 Unit Kerja BRI dan 15.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
3.      Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri
4.      Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000
5.      Bunga tabungan kompetitif
Fasilitas:
1.      E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.)
2.      Asuransi kecelakaan diri
Setiap nasabah dengan saldo minimum Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-.
3.      Diikutsertakan pada program undian Untung Beliung BritAma
4.      Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
a.  Automatic Fund Transfer (AFT)
        Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
b.      Account Sweep
        Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah



c.       Automatic Grab Fund (AGF)
      Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman Bank.
5.  Biaya Administrasi Rp 12.000,-
Persyaratan:
1.      Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
2.      Identitas diri:
WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP)*
WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
*     Pembukaan rekening dapat dilakukan di Kantor BRI yang terdapat di wilayah domisili KTP.  Pembukaan rekening di luar wilayah domisili KTP harus disertai dengan Surat Keterangan Domisili
3.      Setoran awal sebesar Rp 250.000,-

3.   Simpedes

      Simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah, yang dapat dilayani di Kantor Cabang Khusus BRI / Kanca BRI / KCP BRI / BRI Unit / Teras BRI, yang jumlah penyetoran dan pengambilannya tidak diabatasi baik frekuensi maupun jumlahnya, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Keunggulan

·         Jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line
·         Peluang besar untuk memenangkan hadiah, total Milyaran Rupiah
·         Dilengkapi dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap.
·         Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktis, di seluruh unit kerja BRI.
·         Jumlah dan frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku

Persyaratan

·         Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
·         Setoran awal sebesar Rp 100.000,-
·         Perorangan
1.      Melengkapi identitas diri
2.      WNI : KTP / SIM / Paspor
3.      WNA : KITAS atau KITAP
·         Non Perorangan
1.      Melengkapi identitas perusahaan
2.      Anggaran Dasar
3.      SIUP, SITU, dsb


                        4.   TabunganKu
TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan  dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keunggulan:

·         Gratis biaya administrasi bulanan
·         Setoran awal minimum Rp. 20.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp. 10.000,-
·         Bunga dihitung secara harian
·         Gratis biaya penggantian buku apabila rusak/hilang
·         Pembukaan rekening TabunganKu yang mudah dan praktis di seluruh unit kerja BRI

Persyaratan:

·         Hanya untuk Warga Negara Indonesia dan perorangan
·         Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
·         Melengkapi identitas diri: KTP/SIM/Passpor
      2.3.      Langkah yang dilakukan Bank BRI sebelum menerbitkan produk baru
Direksi dan Dewan Komisaris mengadakan rapat akan adanya produk baru yang akan diterbitkan. Dalam menerbitkan prosuk baru mereka mencari peluang ( segmentasi) dimana produk tersebut akan laku terjual. Setealah itu produk tersebut akan disosialisasikan ke beberapa media, baik media elektronik maupun media cetak. Sehingga, produk baru yang dikeluarkan BRI selama ini tidak ada yang tidak laku di pasaran.


BAB III
PENUTUP

3.1.    Kesimpulan
PT Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
PT Bank Rakyat Indonesia berperan dalam penhimpunan dana seperti Tabungan, Giro Bri, pembiayaan, dan memberikan Jasa-jasa keuangan dan jasa lainnya seperti Bank Garansi dan sebagainya.
3.2.     Saran


Penulis menyarankan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi jika terjadi krisis dunia karena PT Bank Rakyat Indonesia masih mengunakan system bunga pada setiap produk-produknya. Seperti krisis pada tahun 1998 yang tetap exis hanya bank syariah yaitu Bank Muamalat Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

·         http://www.bri.co.id  , diakses pada 17 Februari 2014
·         hasil wawancara  dari pegawai E-Bus BRI ( Bu Dewi) pada tanggal 17 Februari 2014 pukul 01.30- 02.30
·         Brosur yang didapatkan dari Bank BRI cabang Sidoarjo pada tanggal 17 Februari 2014 pukul 02.45- 03.00
·         http://campuzherman.blogspot.com/2013/05/v-behaviorurldefaultvmlo.html, diakses pada 18 Februari 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar . . . komentar yang baik adalah cermin kepribadian diri..

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver