Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Jumat, 14 Desember 2012

contoh makalah



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga makalah, “Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini dapat diselesaikan.

Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. Materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi. Serta siswa juga dapat memahami nilai – nilai dasar yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak.

Mudah-mudahan dengan mempelajari makalah ini, para siswa akan mampu menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam belajar Teknologi Infomasi dan Komunikasi. Dan dengan harapan semoga siswa mampu berinovasi dan berkreasi dengan potensi yang dimiliki,

sidoarjo, 29 agustus 2012
           Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Banyak cara yang digunakan untuk tersambung dengan Internet. Salah satunya dengan menggunakan ISP.
1.2. Rumusan Masalah
1.   Apa pengertian ISP ?
2.   Bagaimana cara memilih perusahaan ISP ?
3.   Bagaimana cara menginstal modem dial- up ?
4.   Bagaimana cara melakukan koneksi dengan ISP ?
5.   Apa saja perangkat lunak yang digunakan untuk terhubung dengan internet ?
1.3. Tujuan
  1. Menjelaskan pengertian ISP
  2. Mengetahui cara memilih ISP
  3. Mengetahui cara menginstal modem dial- up
  4. Mengetahui cara melakukan koneksi dengan ISP
  5. Menjelaskan perangkat lunak yang digunakan untuk terhubung dengan internet

BAB II
ISI
2.1.      Pengertian ISP
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan.
ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.
Tipe layanan dari ISP biasanya dapat kita kategorikan menjadi 2 bagian yaitu :
1.                  Dial on demand Internet
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet.
Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom,
2.                  Dedicated Internet
Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak.
Contoh layanan internet dedicated internet adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.
ISP sendiri isinya adalah orang dan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk memberikan service koneksi internet kepada pelanggan-pelanggannya. Peralatan-peralatan tersebut biasanya berupa server, router, peralatan-peralatan untuk koneksi ke pelanggan-pelanggannya dan peralatan-peralatan interkoneksi mereka ke upstream. Biasanya ISP bekerja sama dengan operator jaringan dalam menjalankan usahanya.
Criteria- criteria isp yang bagus
a.                         Pelanggannya banyak
Sebuah ISP dengan ratusan pelanggan, mestinya secara kualitas lebih baik dibanding ISP yang masih memiliki puluhan pelanggan.
b.                         Service
pastikan saat anda mengalami masalah dengan internet anda mempunyai tempat untuk berkonsultasi. ISP dan jaringan computer yang saling berkaitan pada dasarnya dibangun pada sebuah system yang tidak reliable. Masalah pada koneksi internet itu sangat lumrah terjadi. Bencana alam, kesalahan manusia, umur peralatan, kesalahan manusia saat mengoperasikan peralatan, listrik dsb bisa menyebabkan koneksi internet pelanggan mati.
c.                         Mempunyai system redundancy
Bahasa awamnya adalah system koneksi cadangan. Dimana koneksi ini akan berfungsi jika koneksi utama mereka mati. Sangat penting, seperti kondisi saat kabel FO dunia di Taiwan putus.
d.                        Harga
Harga sebenarnya adalah factor utama. Tapi sebenarnya pemilihan koneksi internet bagusnya dilihat dari perbandiangan antara harga dengan bandwidth dan kebutuhan anda.
ISP- ISP di Indonesia bergabung dalam asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia     (APJII)
            Berikut ini adalah contoh beberapa ISP yang sering digunakan di Indonesia
1.      WasantaraNet (http://www.wasantara .net.id/)
Sarana internet yang disediakan oleh PT Pos Indonesia
2.      IndosatNet (http://www.indosat.net.id/)
Jasa akses internet yang bergerak dibidang komunikasi
3.      Telkom multimedia (http://www.telkom.net.id/)
Sarana akses internet yang disediakan oleh P.T Telkom indonesia dengan link-link ke fasilitas telkom.
4.      Pasific link indonesia (http//www.pasific.net.id/)
Pelayanan koneksi internet untuk kota Jakarta dan Bandung.
5.      Centrin internet (http://www.centerin.net.id/)
Penyedia akses internet untuk individual maupun koperasi dengan situs berisi informasi untuk pelanggan, berita dan kurs valuta asing
6.      Spotnet (http://www.spotnet.id/)
Melayani akses internet diberbagai kota besar diindonesia dengan link berbagai situs berita, bisnis, dan hiburan.
7.      CBN (http://www.cbn.net.id/)
Penyedia jasa akses  untuk jakarta dan beberapa kota lainnya.
8.      Indo.net (http//www.indo.net.id/)
Perusahaan penyedia data akses internet dijakarta yang memilki cabang dan titik akses lebih dari 30 kota di indonesia
9.      Visionnet (http://www.vision.net.id/)
Jasa akses internet dan layanan wab. Fasilitas untuk pelanggan, berita, informasi kurs valuta asing, serta indeks saham.
10.  Link net (http://www.link.net.id/)
Jasa akses internet broadband ,Juga menawarkan layanan web.
Cara termudah lain menggunakan internet dengan memanfaatkan jasa warnet (warung internet).

2.2.Memilih Perusahaan ISP
Dengan banyaknya ISP yang ada kamu perlu mempertimbangkan untung rugi, pelayanan terbaik dan sesuai dengan keinginan. Bentuk beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih perusahaan ISP. 
1.     Kecepatan Transfer Data
Maka itu pertimbangkan kecepatan transfer data yang dimiliki ISP, jika anda tidak mau menghabiskan waktu bermenit-menit untuk mengakses informasi. 
2.      Bandwidth
Bandwidth adalah lebar saluran data yang mampu dilewati secara bersama-sama oleh data yang ditransfer. Semakin lebar bandwidth yang dimiliki suatu ISP maka semakin lancar aliran data yang melewatinya.
3.     Memiliki Server Proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit yang sering dikunjungi pelanggan.
4.      Memiliki Backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersamaan akan berpengaruh pada kecepatan transfer data.
5.     Keamanan Data
Untuk menghindari pembajakan lewat internet, ISP perlu menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang sedang dilakukan.
6.     Biaya
Sistem pembayaran yang diterapkan jika ingin berlangganan, perbulan atau perwaktu penggunaan dan sistem paket untuk pembayaran. Biaya yang ditawarkan sistem paket lebih murah dibanding berdasarkan waktu penggunaan. Hanya saja, jika akses internet selama waktu dalam paket yang ditawarkan tersebut tidak diambil maka ketike periode habis, kamu harus tetap membayar meskipun  tidak marasa melakukan akses internet.
7.     Teknologi yang Digunakan
Pertimbangkan teknologi yang dipakai oleh ISP yang digunakan untuk meninngkatkan kinerja dalam akses data sehingga akan lebih memaskan pelanggan. Beberapa ISP telah menggunakan teknologi kompresi data sehingga transfer data bisa lebih lancar. 

                                     
2.3.Menginstal modem dial- up
Setelah menginstal modem, kamu perlu menginstal Dial-Up Networking (jika belum terinstal). Langkah- langkah untuk mengistal modem dial-up:
1.      Pasanglah modem di computer melalui port yang tersedia, jika berupa modem eksternal. Namun jika modem internal, pasanglah pada slot yang sesuai sebelum menghidupkan computer.
2.      Hidupkan computer
3.      Masukkan driver modem
4.      Selanjutnya, akan dipandu dalam kotak dialog.

2.4.Melakukan koneksi dengan isp
Cara menghubungkan komputer ke ISP
1.      Dari menu start, pilih menu setting dan kilik control panel
           2.      apabila tampilan jendela control panel tidak tersedia seperti yang kita tampilkan tidak sama seperti di atas, Klik Swich To Classic View di bagian kiri jendela.
3.   klik Network  Conection
4.   Jika di daftar koleksi yang kita miliki belum terdapat TelkomNet instant, maka kita harus mengatur settingnya terlebih dahulu. Jika sudah ada, kliklah ikon tersebut dan ikutulah langkah selanjutnya
5.   Di bagian Network Tasks, klik Create a New Connection  
6.      Klik tombol Next di situ akan muncul gambar sebagai berikut : 
7.   Pilih set up my connection manualy
8.  Pilih conect using a dial-up modem
9.   Bila di komputer yang kita gunakan terdapat lebih dari satu modem, kita akan di suruh untuk memilih modem yang kita akan gunakan.
10. Masukan Nama ISP 
11. Masukan nomer telepon untuk akses ke internet 
12. Isikan  User Name   
13. Completing the new connection wizard. 
14. Untuk menambah shortcut Telkomsel Net instan di deskop, beri cek di kotak cek Add a Shortcut to this Connection to my destop . kemudian tekan atau klik tombol Finish.
15.  Klik tombol dial jika anda ingin memulai koneksi ke internet dan klik tombol cencel jika kita belum ingin memulai koneksi ke internet. 
2.5.Perangkat lunak untuk mengakses internet
Software Mengakses Internet
1.       Mozilla Firefox
ð   Keunggulan : dalam hal tampilannya yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya memiliki kecepatan yang sangat tinggi, baik, untuk download maupun upload file. Kemudahan dalam hal penggunaan yang tidak di miliki IE adalah adanya tab baru dalam satu jendela yang sama.
2.      Opera
ð  keunggulan : Tampilannya terlihat cukup canggih dan modern. Dapat membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses Internet lumayan tinggi.
3.      Google Chrome
Google Chrome memiliki fitur tab seperti browser yang lain. Tabs itu terletak di bagian  atas jendela,      bukan di dalam jendela. Tiap tab mempunyai memori dan proses sendiri. Untuk mengatur tab dan proses, Chrome akan mempunyai Task manager, sama seperti sistem operasi.
4.     Internet Explorer (IE)
Internet Explorer merupakan produk dari Microsoft Corporation. Biasanya secara default di sertakan bersamaan dengan Operating System (OS) Microsoft yang di beli. Dengan demikian semakin banyak yang memakai Microsoft Windows, pemakai Internet Explorer juga akan semakin banyak. Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan Internet Explorer :
ð    Keunggulan : memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas dan jarang ada keluhan berupa eror dan lainnya.
ð    Kekurangan : kekurangan Internet Explorer adalah mungkin agak lambat dalam download file dari internet, baik untuk browsing, surfing, download, maupun upload.

Namun kali ini, kita akan membahas internet explorer lebih mendalam
A.        bagian- bagian internet explorer
1.      Menu File
Dalam keadaan normal (sebelum ada folder atau file yang ditandai dengan menempatkan pointer mouse) berisi pilihan-pilihan
submenu- submenu dari menu file
New
edit
save
save as
page setup
Work offline
close

NetMeeting
import and export

properties

Print
print preview
send



2.      Menu Edit
submenu- submenu dari menu edit cut
1.      copy
2.      paste
3.      select all
4.      find( on this page)
3.      Menu View
submenu- submenu view

                             1.      toolbar
                             2.      status bar
                             3.      explorer bar
                             4.      go to
                            5.      stop
                            6.      refresh
                            7.      text size
                            8.      encoding
                            9.      source
                           10.  privacy report
                           11.  full screen
4.      Menu Favorites
Submenu- submenu dari menu favorites tersebut adalah:
a.       add to favorites
b.      organize favorites
c.       item- item lain
5.      Menu Tools
Submenu- sumenu yang ada pada menu tools:
·         mail and news
·         synchronize
·         windows update
·         internet options
6.      Menu Help
Submenu- submenu pada help
1.      contents and index
2.      tip of the day
3.      for nestcape user
4.      online support
5.      send feedback
6.      about internet explorer
7.       Standard button
standard button merupakan sederetan ikon- ikon standart yang sering digunakan saat menjelajah internet. Berikut ini ikon- ikon yang ada termasuk standart button:
1.      favorites
2.      media
3.      history
4.      mail
5.      print
6.      edit with microsoft programme
7.      discuss
8.      Address bar
            Berfungsi untuk mengetik alamat situs web yang akan dikunjungi atau dituju.
9.      Status bar
status bar merupakan bagian dari internet explorer yang berfungsi untuk menampilkan alamat dari hyperlink yang sedang diseleksi.


BAB III
PENUTUP
3.1.     Kesimpulan
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. Banyak cara- cara yang digunakan untuk dapat memilih ISP yang baik seperti yang disebutkan dalam makalah diatas. Banyak perangkat lunak yang dapat digunakan agar terhubung dengan internet salah satunya dengan internet explorer atau bisa juga dengan menggunakan jasa WARNET ( warung internet).
3.2.      Saran
            Sebaiknya sebelum berlangganan ISP, pilihlah kriteria- kriteria yang sekiranya bisa membuat koneksi anda ke internet menjadi lebih cepat.


0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar . . . komentar yang baik adalah cermin kepribadian diri..

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver