Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Selasa, 23 September 2014

QS al- isra' ayat 26- 27 ( asbabun nuzul, ayat, terjemahan, isi kandungan, dan kesimpulan)

Asbabun nuzul QS. Al- isra' ayat 26- 27:
Surah Al–Isra’ / 17 atau dikenal juga dengan nama Surah Bani Israil termasuk golongan surah Makiyah. Khusus pada ayat 26 – 27 pada surah Surah Al–Isra’ / 17 ini memiliki asbabun nuzul yang diriwayatkan oleh At Tabrani yang bersumber dari Abu Sa’id Al Khudri dan dalam riwayat lain oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu Abbas bahwa ketika turun ayat ini, Rasulullah saw. Memberikan tanah di Fadak (tanah yang diperoleh Rasullah dari pembagian ganimah atau rampasan perang ) kepada Fatimah.

artinya:
26. Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Isi atau kandungan QS. Al- isra' ayat 26- 27 adalah :
  1. Suruhan Allah SWT kepada umat manusia (umat Islam) untuk memenuhi hak kaum kerabat,fakir miskin,dan orang-orang dalam per jalanan.
  2. Larangan Alah SWT agar kita, umat islam jangan menghambur-hamburkan harta secara boros, karna pemborosan adalah teman atau saudaranya setan
kesimpulan QS. Al- isra' ayat 26- 27
Hak merupakan suatu yang harus diterima oleh seseorang.sesuatu tersebut bisa berupa materi atau non materi.misal kaum kerabat berhak memperoleh kasih sayang, rasa hormat, dan memperoleh pertolongan baik materi maupun non materi bila di perlukan. Pemberian bantuan berupa harta benda kepada kaum kerabat,para fakirmiskin (kaum duafa) dan orang-orang dalam perjalanan, berupa sedekah atau berderma di jalannya, yang isyaallah tentu akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasihh banyak :)

blog kita.co.id mengatakan...

sama- sama :)

Nonton Film mengatakan...

Wow keren bgt min..

Film Semi

Dewa Poker mengatakan...

Bagus sekali artikelnya, sukses ya min. Informasinya menarik dan menambah wawasan
Nonton Film Online
Ganool

Al-'Uluumul Jam'iyah mengatakan...

Bagus bermanfaat sekali. Semoga menjadi pahala bagi penulisnya. Aamiin...

Al-'Uluumul Jam'iyah mengatakan...

Bagus bermanfaat sekali. Semoga menjadi pahala bagi penulisnya. Aamiin...

Posting Komentar

Silakan komentar . . . komentar yang baik adalah cermin kepribadian diri..

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver