Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Minggu, 15 Januari 2017

okkbk its 2016 (teknik membaca dan menulis dengan efektif)


Teknik Membaca dan Mencatat dengan Efektif
      Membaca dan mencatat merupakan hal umum yang dilakukan oleh seseorang. Menurut KBBI membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati). Membaca sudah menjadi kebiasaan yang umum di kalangan masyarakat, terutama di kalangan pelajar.Karena dengan membaca bukan hanya ilmu pengetahuan saja yang dapat diketahuibahkan informasi- informasi terbaru di seluruh jagad raya dapat terlihat dengan jelas dan cepat.Selain itu, dengan membaca kualitas memori otak dapat terasah dan yang terpenting dapat memberi solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
       Di era global ini, sudah tersebar banyak sekali media untuk membaca.Mulai dari buku ilmu pengetahuan, majalah, bahkan yang lebih mudah di akses seperti internet pun dapat digunakan sebagai media untuk membaca.Jadi, hendaknya tidak ada halangan lagi antara kegiatan yang dilakukan dan membaca.Karena membaca sendiri dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang.Namun, pada kenyataannya orang yang memiliki waktu luang justru menyia-nyiakan waktu luang yang dimilikinya untuk melakukan sesuatu yang berguna.Membaca merupakan awal dari seseorang memperoleh ide untuk menulis.Tanpa membaca tidak banyak ilmu yang akan disampaikan oleh penulis kepada pembaca yang lain. Namun, tidak ada gunanya jika seseorang membaca tanpa mengetahui isi yang ada di dalamnya.Sebab dengan cara itu mustahil seorang pembaca bisa memahami informasi yang dimaksud oleh penulis. Kegiatan yang semacam ini disebut dengan kegiatan membaca efektif. Menurut Nurhadi dalam Mulyaningsih (2012:1) mengemukakan,“Efektif artinya peningkatan kecepatan membaca itu harus diikuti pula oleh peningkatan pemahaman terhadap bacaan. Pembacaan yang efektif dan kritis tahu tentang apa yang perlu digalinya dari bahan bacaan secara cepat, mengabaikan unsur-unsur yang kurang penting serta membuang hal-hal yang tidak diperlukan.
        Pada beberapa kasus terbukti bahwa peningkatan kecepatan membaca akan diikuti oleh persentase pemahaman terhadap bacaan.” Setelah memperoleh informasi dari membaca, seseorang biasanya akan mencatat setiap informasi yang didapatnya.Karena dengan mencatat informasi yang didapat seseorang akan dapat menyimpan informasi tersebut lebih lama dibandingkan hanya dengan membaca. Untuk mencatat sebuah informasi, seseorang juga membutuhkan teknik untuk mencatat secara efektif. Menurut Adejumo dan Ehindero mencatat dengan efektif mencakup tiga hal, mampu mengidentifikasi gagasan utama dan hubungan antar gagasan tersebut dalam suatu paparan, mampu memahami makna di balik gagasan-gagasan tersebut, serta mampu menyajikan gagasan-gagasan tersebut dengan bahasa sendiri. Dengan catatan-catatan yang dibuat seseorang akan dapat menyampaikan kembali sumber bacaan yang di dapatkannya. Kini, untuk menulis sesuatu juga dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari tulisan yang bersifat elektronik maupun non elektronik. Dengan tujuan  ilmu pengetahuan dalam bentuk skripsi, makalah, hingga status di media sosial. Batasan untuk berinteraksi dengan sesama jauh lebih mudah akibat adanya  media sosial yang membuat tulisan dari seseorang dibagikan langsung  tanpa perantara. Hendaknya setiap orang berusaha untuk meng-upgrade pengetahuannya dengan membaca bacaan-bacaan darimanapun sumbernya asal merupakan sesuatu yang bermanfaat. Intinya, jika seseorang ingin menyampaikan sesuatu secara efektif dapat dimulai dengan  membaca referensi-referensi yang sesuai dengan tulisan yang akan  dibuat  kemudian  disusun kembali menjadi tulisan yang dapat dipahami.

-Ailin Muvidah-
mahasiswa dari
Manajemen Bisnis ITS 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar . . . komentar yang baik adalah cermin kepribadian diri..

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver