Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Minggu, 15 Januari 2017

tugas lkmw ITS 2016 (young creative enterpreneur)


Young Creative Enterpreneur
     Jiwa muda bersifat dinamis, antusias (melihat segala sesuatu seakan-akan 'barang baru'), spontan (misalnya dengan berdansa, menelepon Ibu, menyanyi, membaca puisi, melukis), dan selalu ingin tahu akan hal- hal yang tidak pernah diketahui sebelumnya.  Jiwa merupakan hal yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata tapi dapat dirasakan melalui perbuatan yang dilakukan, karena jiwa terdapat dalam raga seseorang. “man sana in corpore sano”,  di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah ini merupakan istilah yang populer dikalangan para pemuda yang memiliki pandangan hidup untuk terus maju dan ingin berubah menjadi lebih baik. Perubahan merupakan suatu hal atau suatu suasana yang berbeda dari bentuk awalnya, misalnya perubahan kepompong menjadi kupu-kupu, kayu menjadi kursi, bodoh menjadi pintar  dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.
     Didunia ini tiada waktu yang terlewati tanpa perubahan, baik perubahan dalam pengetahuan dan tekhnologi maupun perubahan dalam setiap sisi kehidupan. Jika  dicermati, manusia yang mampu membuat perubahan di dunia ini adalah mereka yang mempunyai jiwa muda yaitu jiwa yang tekun, jiwa yang pantang menyerah, jiwa yang selalu menginginkan kebaikan di masa yang akan datang dan tidak ingin lagi mengalami keterpurukan seperti yang dirasakan pada saat ini. Jiwa muda itu tidak selalu anak muda, justru banyak anak muda yang tidak berjiwa muda tetapi anak-anak dan orang yang sudah tua juga bisa mempunyai jiwa muda. Namun dalam hal jiwa muda, pemudalah sosok yang terbanyak terinfeksi. Pemuda yang kreatif bukanlah pemuda yang menunggu bola melainkan menjemput bola, bukan yang menunggu giliran, warisan , pasif dan tidak mampu menjadi penggerak lingkungan sosialnya.
     pemuda yang kreatif ialah pemuda yang terus berjuang memaksimalkan potensi dalam dirinya dan selalu memegang prinsip untuk melakukan perbaikan dan berupaya untuk memajukan diri sendiri dan orang lain. Pemuda kreatif selalu siap sedia setiap saat,dan selalu bekerja keras untuk meciptakan inovasi yang baru, gagasan baru, pemikiran-pemikiran baru, ide-ide baru demi kemajuan bangsa. Salah satu kegiatan yang menunjukkan eksistensi pemuda dengan jiwa muda yang kreatif adalah dengan melakukan kegiatan kewirausahaan. Ilmu kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Dalam konteks bisnis, menurut Thomas W. Zimmerer (dalam Suryana 2001:2), kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin, proses sistematis penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar. Kreativitas oleh Zimmerer diartikan sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan menghadapi peluang. Sedangkan keinovasian diartikan sebagai kemampuan untuk menerapkan kreatvitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan peluang untuk mempertinggi dan meningkatkan taraf hidup.
     Jadi dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan merupakan disiplin ilmu yang sistematis untuk menerapkan sikap kreatif dan inovasi dalam mengembangkan ide-ide baru guna menghadapi persaingan bisnis atau usaha. Melihat dari pengertian- pengertian di atas pemuda dengan sikap kreatif dan inovatif tinggi sangat cocok ditempatkan menjadi seorang wirausaha yang mampu membaca peluang pasar yang ada. Dengan ide kreatif dan pemikiran yang dimiliki pebisnis muda peluang produk yang dihasilkan dapat terjual lebih tinggi hal ini juga  didukung  oleh  koneksi  yang  dimilikinya. Karena masih muda maka masih banyak peluang bagi kaum muda untuk terus membangun koneksi guna bisnis yang dijalankannya. Koneksi   yang   luas  membuat  peluang  lakunya  produk  yang  ditawarkan  semakin  besar. 

-Ailin Muvidah-
mahasiswa
Manajemen Bisnis ITS 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar . . . komentar yang baik adalah cermin kepribadian diri..

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver